UPER Buka Beasiswa Ujung Negeri Bagi Putra Putri Natuna

Katacara, Jakarta– Menukil laporan dari Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil), pada bulan Juni 2022 penduduk Indonesia berjumlah 275,36 juta jiwa. Namun hanya 6,41% atau sekitar 12 juta penduduk yang berhasil mengenyam pendidikan sampai ke perguruan tinggi.

Kondisi ini makin menantang dengan kurang meratanya akses pendidikan tinggi. Berdasar kaporan dari Statistik Indonesia, dari jumlah total 3.107 perguruan tinggi di Indonesia pada 2022, hampir separuhnya berada di Pulau Jawa.

Guna meningkatkan kesempatan siswa siswi di wilayah terdepan dan terluar, Universitas Pertamina (UPER) bekerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Natuna menyediakan beasiswa bagi putra-putri terbaik Natuna untuk bisa berkuliah di Universitas Pertamina.

Kerja sama ini diresmikan dengan dilakukannya penandatanganan Perjanjian Kerja Sama oleh Wakil Rektor Bidang Akademik Universitas Pertamina, Budi W. Seotjipto, Ph.D., dan Bupati Natuna, Wan Siswandi, Selasa (16/05) di Gedung Rektorat Universitas Pertamina. Pada kegiatan tersebut, Budi menjelaskan terdapat tiga jenis beasiswa yang akan diberikan kepada putra/i Natuna dengan skema pendanaan tunggal dari UPER dan pendanaan bersama dari UPER dan Pemkab Natuna.

“Beasiswa dengan skema pendanaan tunggal dari UPER terdiri dari dua macam beasiswa, yakni Beasiswa Ujung Negeri dan Beasiswa Generasi Juara. Kedua jenis beasiswa ini memiliki manfaat pembebasan biaya SPI dan SPP sebesar 50%-100%. Selain itu, para penerima beasiswa juga akan mendapatkan uang saku dan berkesempatan untuk tinggal di asrama,” ujar Budi saat ditemui di Gedung Rektorat, Universitas Pertamina, Selasa (16/05).

Budi melanjutkan, kerja sama penyediaan beasiswa ini merupakan bentuk pemberdayaan generasi muda di Kabupaten Natuna. Sebagaimana diketahui, Natuna merupakan salah satu daerah penghasil migas terbesar di Indonesia. Berdasarkan data dari SKK Migas pada tahun 2021, Natuna mampu memproduksi minyak bumi sebanyak 17.449 barrel per hari dan gas bumi sebesar 396 juta MMSCFD.

Bupati Natuna, Wan Siswandi, yang hadir dalam penandatanganan Perjanjian Kerja Sama mengekspresikan rasa terima kasih atas dukungan yang diberikan oleh UPER. “Kami berharap terbukanya kesempatan belajar di Universitas Pertamina ini dapat meningkatkan jumlah angkatan kerja Kabupaten Natuna sesuai dengan potensi daerah, yakni di bidang industri migas,” kata Wan Siswandi.

Salah satu mahasiswa Program Studi Ekonomi Universitas Pertamina asal Kabupaten Natuna, Sandi Pamungkas, merupakan penerima Beasiswa Generasi Juara (BGJ) Tahun Akademik 2022/2023. Selama berkuliah di Universitas Pertamina, Sandi telah banyak menorehkan prestasi dengan mengikuti segudang kompetisi.

“Berkat BGJ, saya bisa mendapatkan kesempatan untuk mengenyam pendidikan di kampus yang memiliki tenaga pendidik luar biasa. Saat mengikuti berbagai lomba, saya diberikan fasilitas pembekalan yang komprehensif sehingga dapat mengikuti kompetisi dengan baik,” ungkap Sandi.

Pendaftaran beasiswa bagi putra/i Kabupaten Natuna telah dibuka sejak 9 Mei 2023 lalu dan akan dibuka hingga 9 Juni 2023. Pengumuman penerima beasiswa akan dilakukan pada 30 Juni 2023 mendatang. Di samping itu, saat ini kampus besutan PT Pertamina (Persero) tersebut sedang membuka pendaftaran untuk Seleksi Nilai Rapor (Non Tes) Periode Mei untuk Tahun Akademik 2023/2024.