Abdi Ardiansyah, Mahasiswa Unhas Jadi Delegasi Indonesia di ECOSOC Youth Forum PBB di New York

Katacara, Jakarta– Mahasiswa Fakultas Hukum, Abdi Ardiansyah mengharumkan nama Universitas Hasanuddin di kancah internasional. Abdi menjadi salah satu dari empat delegasi Kementerian Pemuda dan Olahraga di ajang The 2023 United Nations Economic and Social Council (ECOSOC) Youth Forum yang digelar pada 25-27 April 2023 di New York. Forum pemuda ini diselenggarakan oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).

Forum ECOSOC ini merupakan forum internasional yang menjadi wadah bagi para pemuda untuk membahas peningkatan pemulihan Covid-19 serta isu kepemudaan secara konkret sesuai Sustainable Development Goals (SDGs). ECOSOC Youth Forum 2023 ini resmi dibuka oleh Presiden Majelis Umum PBB, Y.M Csaba Kőrösi dan Presiden ECOSOC, Y.M Lachezara Stoeva.

  • Unhas Bersama Bank BJB Sepakat Jalin Kemitraan Strategis Dukung Program MBKM
    Katacara, Makassar– Universitas Hasanuddin dan Bank BJB sepakat kerjasama dalam bidang pengembangan tridarma perguruan tinggi. Kesepakatan tersebut tertuang dalam penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) antara Rektor Unhas Prof. Dr. Ir. Jamaluddin Jompa, M.Sc., bersama Direktur Utama Bank BJB, Yuddy Renaldi….
  • Pertamina NRE Ajak Mahasiswa Universitas Pertamina Kuasai Kompetensi Green Skills
    Katacara, Jakarta– Bagi calon mahasiswa yang tertarik, dapat mengakses informasi selengkapnya melaluienergi hijau terus mengalami peningkatan, salah satunya dalam lapangan pekerjaan. Laporan International Energy Agency (2023) mendapati tahun 2022 jumlah pekerjaan pada sektor energi hijau mencapai 13,7 juta dan di…
  • Simsalabim, Mahasiswa Sulap Limbah Tahu dan Kotoran Sapi Jadi Biogas
    Katacara, Jakarta–Kepala Subdit Penyiapan Program Bioenergi Direktorat Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi (EBTKE), Trois Dilisusendi, menyampaikan Pembangkit Listrik Tenaga Biogas (PLTBg) ditargetkan sudah terpasang 489,8 juta meter kubik pada tahun 2025. Nyatanya hingga tahun 2022 pemanfaatan PLTBg hanya sekitar…
  • Rawan Bencana, Perhatikan Ini Jika Bikin Bangunan
    Katacara, Jakarta–Dilansir melalui Biro Statistik Tenaga Kerja Amerika Serikat (2023) pekerjaan bidang teknik sipil diprediksi tumbuh hingga 5% hingga tahun 2032. Hal tersebut sejalan dengan kebutuhan pertumbuhan infrastruktur yang ditaksir akibat pertumbuhan populasi. Selain itu, insinyur sipil berperan penting dalam…
  • Ini Inovasi Mahasiswa Untuk Produksi Migas Lebih Hemat dan Ramah Lingkungan
    Katacara, Jakarta–Peran lumpur dalam industri migas tidak hanya sebagai unsur pendukung, namun juga untuk menstabilkan tekanan fluida. Termasuk mengontrol semburan liar, yang berpotensi membahayakan pekerja dan proses produksi migas (Karya, 2021). Lumpur juga memiliki peran signifikan dalam proses mengangkat cutting…

Abdi yang merupakan mahasiswa angkatan 2022 ini menceritakan serangkaian aktivitas yang dilakukan selama di New York. Di sana, Abdi bersama delegasi lain dari Universitas Indonesia, dan UIN Syarif Hidayatullah, mengikuti Ministerial Sessions, yakni rapat menteri dari berbagai negara.

“Ada juga sesi di mana setiap delegasi dari berbagai negara mendapatkan kesempatan untuk menyampaikan gagasan. Saya sendiri mendapatkan tugas untuk melakukan intervensi yang berfokus pada SGD 7 terkait Affordable and Clean Energy atau menjamin akses universal layanan energi yang terjangkau, andal dan modern,” jelas Abdi.

Pada kesempatan bergengsi tersebut, Abdi juga menyampaikan gagasannya mengenai komitmen baik Indonesia terkait partisipasi politik bagi pemuda di Indonesia pada Plenary Session.

Lebih jauh, Abdi menuturkan bahwa ECOSOC Youth Forum ini menjadi ruang untuk bertemu dan berbicara langsung bersama petinggi PBB dan berdiskusi untuk menyampaikan gagasan-gagasan serta melaporkan apa saja yang telah dilakukan Indonesia terkait SDGs bersama pemuda-pemudi terpilih dari seluruh negara anggota PBB

“Tentunya senang dan bersyukur bisa terpilih mewakili Kemenpora dan Universitas Hasanuddin sebagai delegasi Indonesia pada UN ECOSOC Youth Forum 2023 ini,” tutup Abdi.

Setelah mengikuti forum internasional ini, lanjut Abdi, ia akan terus bersinergi untuk mendukung upaya akselerasi SDGs, khususnya pada bidang pendidikan di Indonesia. Ia juga berkomitmen untuk memberikan yang terbaik kepada Universitas Hasanuddin sebagai salah satu kampus yang sangat memperhatikan SGDs di Indonesia.(*)