Cara Lulusan Universitas Pertamina Unggul di Bursa Kerja

KATACARA, JAKARTA, – Survei bertajuk “Employability and Study Abroad” mengatakan, 41 persen perusahaan menawarkan gaji lebih tinggi kepada kandidat yang memiliki pengalaman belajar di luar negeri. Survei yang dilakukan oleh Hostelworld pada tahun 2018 tersebut, melibatkan lebih dari seribu perusahaan terkemuka di Amerika Serikat.

Sementara itu, Organisasi Weforum mencatat setidaknya 64 persen pengusaha akan mempertimbangkan pengalaman internasional dalam perekrutan karyawan. Kemampuan bahasa asing, fleksibilitas dan adaptif, pengetahuan dan wawasan yang luas, serta jaringan internasional, diakui menjadi nilai plus yang akan memberi keuntungan bagi perusahaan.

Tak hanya menempuh pendidikan penuh di luar negeri, studi lintas negara kini tersedia dalam berbagai skema sesuai kebutuhan pelajar. Mengikuti short course seperti summer atau winter school, dan pertukaran pelajar adalah dua diantaranya. Fidya Ajeng, siswi asal SMA Negeri 4 Balikpapan, memilih program gelar ganda untuk mendapat pengalaman studi lintas negara.

Pertamina Foundation dan Universitas Pertamina Kolaborasi Gelar Vaksinasi Masyarakat Rentan

“Sudah lama saya tertarik untuk kuliah di luar negeri. Tapi disisi lain, ingin juga mendapat ilmu terapan yang sesuai dengan kondisi riil industri di Indonesia saat ini. Setelah mencari informasi di internet dan berdiskusi dengan orang tua, saya memilih berkuliah di program studi Teknik Kimia Universitas Pertamina (UP), melalui skema gelar ganda dengan Universiti Teknologi Petronas (UTP), Malaysia,” ungkap Fidya.

Rektor Universitas Pertamina, Prof. Ir. I Gusti Nyoman Wiratmaja Puja, Ph.D., mengungkapkan, program gelar ganda UP-UTP ini memberi kesempatan kepada para mahasiswa menempuh pendidikan dua tahun di Indonesia dan dua tahun di Malaysia. “Melalui program gelar ganda ini, para mahasiswa juga berkesempatan melanjutkan pendidikan magister di UTP hanya dalam waktu satu tahun. Lebih cepat dari program reguler yang biasanya ditempuh dalam waktu dua tahun,” lanjut Prof Wirat.

Sebagian besar perkuliahan di Universitas Pertamina bagi mahasiswa kelas internasional, menggunakan bahasa pengantar Bahasa Inggris. Kurikulum untuk perkuliahan di kedua universitas juga sudah menggunakan kurikulum berbasis internasional.

Terpilihnya UTP sebagai kampus mitra UP bukan tanpa alasan. Perguruan tinggi milik perusahaan migas multinasional, Petronas, tersebut menempati urutan ke-439 pada QS World University Rankings 2021 dan berada di urutan ke-70 pada QS Asia University Rankings 2021.

“Disamping itu, kedua universitas juga memiliki kesamaan tujuan untuk membangun industry-oriented university. Konsep ini bertujuan menjawab kebutuhan industri dengan mengembangkan SDM unggul yang fleksibel dan adaptif terhadap perkembangan dunia industri,” pungkas Prof Wirat.

  • Universitas Pertamina Gencarkan Internasionalisasi Pendidikan
    Katacara, Jakarta– Internasionalisasi pendidikan digadang meningkatkan kemampuan peserta didik dalam menangani isu global. Menurut European Association for International Education (2015), tantangan global akan semakin beragam, sehingga kerja sama lintas negara dalam pendidikan menjadi harapan dalam menghasilkan lulusan yang kompeten dan…
  • Mahasiswa UPER Belajar Logistik Kebencanaan ke Pakar di Jepang
    Katacara, Jakarta– The World Risk Report 2023 menempatkan Indonesia sebagai kawasan rentan bencana alam dengan indeks rerata mencapai 43,5 dari total nilai 100 (paling rentan). Ini menempatkan Indonesia sebagai negara dengan kategori risiko bencana sangat tinggi. Terbukti sepanjang 2023 lalu,…
  • Kembangkan Vokasi Hijau di IKN, Universitas Pertamina Gandeng Eastern Switzerland University
    Katacara, Jakarta —Eksistensi pekerjaan pada bidang energi terbarukan nampaknya terus menunjukkan peluang yang menjanjikan. International Energy Agency (IEA, 2023) memprediksi bahwa pertumbuhan tenaga kerja pada sektor energi hijau mencapai 30 juta pada tahun 2030. Meski peluang menggiurkan, kesiapan para calon…
  • Putri Lokal Juarai Lomba Bahasa Internasional
    Katacara, Jakarta– Kecakapan berbahasa Inggris masih menjadi tantangan dalam upaya meningkatkan kesiapan internasionalisasi SDM Indonesia. Laporan EF Education First (2023), Indonesia menempati peringkat ke-79 dari 113 negara dalam penguasaan bahasa Inggris. Padahal berkarir di kancah internasional sering kali menjadi cita-cita…
  • Unhas Bersama Bank BJB Sepakat Jalin Kemitraan Strategis Dukung Program MBKM
    Katacara, Makassar– Universitas Hasanuddin dan Bank BJB sepakat kerjasama dalam bidang pengembangan tridarma perguruan tinggi. Kesepakatan tersebut tertuang dalam penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) antara Rektor Unhas Prof. Dr. Ir. Jamaluddin Jompa, M.Sc., bersama Direktur Utama Bank BJB, Yuddy Renaldi….
  • Pertamina NRE Ajak Mahasiswa Universitas Pertamina Kuasai Kompetensi Green Skills
    Katacara, Jakarta– Bagi calon mahasiswa yang tertarik, dapat mengakses informasi selengkapnya melaluienergi hijau terus mengalami peningkatan, salah satunya dalam lapangan pekerjaan. Laporan International Energy Agency (2023) mendapati tahun 2022 jumlah pekerjaan pada sektor energi hijau mencapai 13,7 juta dan di…

Selain melalui program gelar ganda, dalam rangka internasionalisasi mahasiswa, Universitas Pertamina juga telah aktif menjalin kerja sama dengan 38 institusi pendidikan tinggi luar negeri. Sebanyak 73 mahasiswa Universitas Pertamina telah mengikuti pembelajaran di kampus prestigious yang tersebar di berbagai belahan dunia. Sebaliknya, sejumlah 48 mahasiswa asing belajar di Universitas Pertamina melalui program pertukaran pelajar.