Malam Penutupan dan Penganugerahan Pilmapres 2023, Unhas Sukses Jadi Tuan Rumah

Balai Pengembangan Talenta Indonesia (BPTI), Pusat Prestasi Nasional, Kemendikbudristek telah menyelesaikan seluruh rangkaian Pemilihan Mahasiswa Berprestasi (Pilmapres) 2023. Rabu malam, 26 Juli 2023 berlangsung Penutupan dan Penganugerahan Pilmapres yang berlangsung di Auditorium Prof A Amiruddin Fakultas Kedokteran Universitas Hasanuddin (Unhas).

Gelaran ini diadakan secara hybrid, yang ditayangkan secara langsung melalui kanal YouTube Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas) dan Universitas Hasanuddin.

Sebelumnya, para tetamu menyantap jamuan makan malam di pelataran auditorium. Mengusung konsep wisata kuliner Makassar, para tamu disuguhi beragam kuliner khas Kota Daeng, seperti Pallu Basa, Mie Kering, Pisang Epe, Sarabba dan sejumlah penganan lainnya.

Mengawali malam penganugerahan, Plt Kepala Pusat Prestasi Nasional Ir Hendarman PhD menyampaikan laporan kegiatan. Dalam kesempatan tersebut Hendarman mengatakan bahwa program Pilmapres ini akan terus dilanjutkan.

Ia juga membagikan informasi hasil penelurusuran alumni Pilmapres yang sudah sukses di berbagai bidang. Seperti alumni Universitas Sebelas Maret yang merupakan finalis Pilmapres 2013 yang kini sukses membangun karir di Jepang dan masih banyak lagi.

“Apapun yang dilakukan harus berdampak. Dan kita harus menelusuri jejak mahasiswa berprestasi. Kalian semua yang ada di sini (finalis) lima hingga sepuluh tahun ke depan akan menjadi orang-orang yang luar biasa,” ungkapnya.

Pada kesempatan tersebut ia juga menyampaikan terima kasih kepada pihak Unhas sebagai tuan rumah penyelenggaraan Pilmapres Nasional 2023. Menurutnya, gelaran kali ini lancar dan sukses hingga selesai. Ia juga menyampaikan permohonan maaf bila dalam pelaksanaan kegiatan terdapat kekurangan.

Sementaran itu, hadir secara daring Direktur Akademik Pendidikan Tinggi Vokasi Dr. Beny Bandanadjaja. Dlaam sambutannya, ia menegaskan bahwa semua 37 finalis sudah menunjukkan prestasi yang luar bisa.

“Selamat kepada seluruh finalis dan yang mendapatkan juara. Yang belum juara jangan putus asa, masa depan masih panjang, kesempatan masih banyak,” ungkapnya.

Pada kesempatan ini, Rektor Unhas yang diwakili Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Unhas Prof drg Muhammad Ruslin MKes PhD SpBM(K) memberi sepatah kata sekaligus menutup kegiatan Pilmapres Tingkat Nasional 2023.

“Bapak Rektor menyampaikan salam hormat dan salam hangat kepada sleuruh hadirin. Beliau belum dapat membersamai kita semua karena ada kunjungan kerja ke China. Terima kasih, Unhas telah diberi kesempatan menjadi tuan rumah. Siapa yang tidak bangga sebagai penyelenggara?,” ungkapnya.

Pada kesempatan tersebut Prof Ruslin juga menyampaikan bahwa Unhas menerima dengan tangan terbuka bila kelak kembali ditunjuk menjadi host kegiatan Pilmapres maupun kegiatan Puspresnas lainnya.

Sebagai ucapan terima kasih kepada Unhas, Puspresnas memberikan tanda penghargaan kepada Rektor Unhas yang diwakili oleh Wakil Rektor I. Kemudian pemberian ucapan terimakasih BPTI kepada Direktur Kemahasiswaan dan Penyiapan Karir, Abdullah Sanusi PhD.

Tak ketinggalan, sesaat ebelum pengumuman pemenang, 37 finalis Pilmapres memberikan pertunjukan di atas panggung.

Berikut daftar pemenang Pilmapres Nasional 2023 untuk tiga kategori.

Kategori Honorable Mention

Mengispirasi Kepedulian
Program Diploma: Volika Sinci Sari– IPB
Program Sarjana : Regina Farah Nafilah– Unhas

Pengispirasi Komunikasi Kemahiran
Program Diploma: Farhan Naufaldy– Politeknik Caltex

Menginspirasi Ketangguhan
Program Sarjana: Azzahra Putri Santi – IPB

Penginspirasi Kewirausahaan Sosial
Program Sarjana: Daphne Andrea– Universitas Katolik Parahyangan

Kategori Program Diploma

Harapan 3: Muhammad Daffa Fadlurrahman– Politeknik Negeri Sriwijaya
Harapan 2: Nabilah Azizah Tjandra– Institute Teknologi Spuluh November
Harapan 1: Farhan Naufaldy– Politeknik Caltex
Juara 3: Kharizma Aulia Suarifiah– Universitas Diponegoro
Juara 2: Fatimah Nurul Izzah– Politeknik Elektronika Negeri Surabaya
Juara 1: Volika Sinci Sari– IPB

Kategori Program Sarjana

Harapan 3: Azzahra Putri Santi – IPB
Harapan 2: I Gede Aswin Parisya Sasmana– Univeristas Udayana
Harapan 1: Gastin Gabriel Jangkan– Universitas Lambung Mangkurat
Juara 3: Shakirah Amirah- UI
Juara 2: Syahidah Asma Amanina– Undip
Juara 1: Schalke Anindya Putri- UGM

Para pemenang mendapatkan medali, piagam penghargaan dan bentuk penghargaan lainnya.(*)