MARINESIA 2022: Inovasi Kapal Ikan Mahasiswa Berbagai Kampus

Katacara, Makassar, – Kompetisi Marine Innovation Festival Indonesia (MARINESIA) 2022 telah memasuki hari kedua, setelah resmi dibuka kemarin, Selasa, 17 Mei 2022.

Berbagai agenda kegiatan telah berlangsug, salah satunyaialah Pameran Karya Marinesia 2022. Kompetisi ini tentunyamerupakan kegiatan nasional yang berbasis maritim. Sehinggasemua bentuk model purwarupa dari inovasi teknologi yang diperlombakan, akan di pajang di pameran karya tersebut.

Pameran karya ini dilaksanakan di Lantai Dasar, Gedung Student Centre, Kampus Teknik UNHAS. Dalam pameran ini, di pajang bentuk inovasi teknologi dari 2 cabang lomba yangdi selenggarakan, yaitu Lomba Desain Inovasi TeknologiTepat Guna (BINANGA), dan Lomba Desain Inovasi KapalIkan (BINANGA). Untuk lomba Binanga memamerkankonsep desain dalam bentuk spanduk X-Banner, sehinggamudah dibaca dan dipahami oleh para pengunjung pameran. Selain itu, ada juga beberapa tim yang menggunakan video animasi dari inovasi teknologi yang dimiliki. Sedangkanuntuk lomba Biseang, langsung memamerkan desain 3 dimensi dari kapal yang diperlombakan, yaitu kapal ikan.

Pemeran ini diikuti oleh seluruh tim dari cabang lombaBinanga dan Biseang. Antusiasme dari pengunjung terlihatsaat total pengunjung yang hadir dilokasi mencapai ratusan, mulai saat dibuka pada jam 9 pagi, pengunjung darimahasiswa dan dosen mulai berdatangan sedikit demi sedikit. Tentunya pameran ini dilaksanakan dengan menerapkanprotokol kesehatan, dan membatasi pengunjung yang beradadikawasan pameran untuk masuk secara bergantian. Setiapkarya 3 dimensi dipajang diatas meja, dan karya 2 dimensidipajang pada stand x-banner agar memberikan pemahamanyang tepat kepada pengunjung.

Pembuat konsep sekaligus Ketua Panitia MARINESIA2022, Fachrial Novri Triyandi mengatakan bahwa setiap karya yang dipamerkan disini adalah murni karya dari peserta yang dilombakan, sehingga harapannya, kedepan para pengunjungbisa paham berbagai jenis inovasi yang sekarang ini sudahberkembang dan tentunya siap di terapkan dalam kapal nyayang nyata nanti.

https://www.instagram.com/p/Cd4LLsnv1Bk/?igshid=YmMyMTA2M2Y=

“Inovasi ini tentu, sebelumnya pernah ada juga yang buat, namun temanteman peserta disini memberikanpengembangan melalui ide dan kreatifitas mereka sendiri agar inovasi tersebut bisa diterapkan dan berjalan lebih baik lagi” Ujarnya.

Rangkaian kegiatan pun ditutup dengan sesi foto bersama oleh peserta lomba, panitia, dan dosen-dosen yang merupakan jurilomba, yang dilaksanakan di tempat yang sama pula. Pamerankarya inovasi teknologi ini diharapkan mampu menjadi media edukasi yang membangun bagi para pengunjung yang hadir kelokasi melihat langsung bentuk inovasi teknologi kemaritimanyang saat ini berkembang pesat demi kemajuan dan perkembangan teknologi.