MTQM Unhas Hari Kedua Hadirkan Lomba Ceramah Bahasa Daerah

Katacara, Makassar–Musabaqah Tilawatil Qur’an Mahasiswa (MTQM) Universitas Hasanuddin 2023 masih berlanjut pada Selasa 11 April 2023. Pada hari kedua pelaksanaan MTQM Unhas, berlangsung beberapa cabang lomba, salah satunya ceramah bahasa daerah.

Lomba ceramah bahasa daerah tersebut berlangsung di Pelataran Gedung Rektorat Unhas, mulai pukul 09.00-12.00 Wita. Lomba yang dikhususkan untuk mahasiswa laki-laki ini diikuti 8 peserta dari berbagai fakultas di Unhas.

Para peserta tampil membawakan ceramah dalam tema yang berbeda-beda. Sedangkan untuk penggunaan bahasa daerah, ada tiga peserta menyampaikan ceramah dalam Bahasa Makassar, dan lima lainnya menggunakan Bahasa Bugis.

Lomba ceramah bahasa daerah ini menghadirkan tiga dewan juri. Selain aspek penggunaan bahasa daerah, lomba ini juga memiliki beberapa komponen penilaian lain, yaitu dari segi intonasi, penampilan dan penguasaan materi peserta.

Penampilan para peserta pun mengundang atensi dari civitas akademika Unhas. Para peserta juga begitu antusias mengikuti lomba. Salah satu peserta lomba M. Syauqi, mengaku sangat bersemangat mengikuti cabang lomba ceramah bahasa daerah. Mahasiswa Prodi Agribisnis Fakultas Pertanian ini menyampaikan ceramah dalam Bahasa Bugis.

Mahasiswa angkatan 2022 ini juga turut mengapresiasi hadirnya lomba ceramah bahasa daerah pada gelaran MTQM Unhas 2023. Menurutnya, saat ini bahasa daerah sudah mulai dilupakan oleh generasi muda.

“Lomba ini menjadi ajang untuk melestarikan bahasa daerah, karena sekarang bahasa daerah sudah mulai dilupakan. Saya berharap lomba seperti ini hadir lagi di MTQ Unhas berikutnya sehingga semakin banyak yang bisa berpartisipasi,” tambahnya.

Sementara itu, direktur Kemahasiswaan dan Penyiapan Karir, Abdullah Sanusi SE., MBA.,PhD mengatakan bahwa lomba ceramah bahasa daerah merupakan cabang lomba tambahan yang dihadirkan Unhas khusus pada MTQM tahun ini.

“Lomba tambahan ini untuk meramaikan Bulan Ramadhan 1444 H/2023 M sekaligus sebagai wadah melestarikan budaya Islam berbasis bahasa daerah Bugis dan Makassar,” ujar Abdullah Sanusi.

Untuk cabang lomba ceramah bahasa daerah ini akan ada tiga pemenang, dan satu juara favorit. Pengumuman pemenang akan dirangkaikan dengan penutupan MTQ Unhas 2023 pada Rabu 12 April 2023.(*)