Ide Mahasiswa Universitas Pertamina Waspadai Musim Kemarau

Selain jauh dari sumber air bersih, wilayah Kampung Baru Kubur yang padat penduduknjuga sering mengalami kebocoran pipa penyalur air bersih akibat ativitas warga. Sehingga, pasokan air yang jumlahnya sudah sedikit, menjadi terkontaminasi. Untuk mengatasi hal tersebut, Fadhlan, anggota tim lain mengatakan, tim memasangkan sistem berteknologi Internet of Things (IoT), pada pipa yang digunakan untuk menyalurkan air ke rumah-rumah warga.

“Sistem ini memakai mikrokontroler dengan sensor-sensor yang menggunakan prinsip IoT. Sensor tersebut dapat memberikan informasi jumlah debit air yang sedang mengalir secara real-time. Sehingga, jika ada kebocoran pipa bisa langsung diatasi,” jelas Fadhlan.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono, pada Konferensi Sanitasi dan Air Minum Nasional (KSAN) 2022, di Jakarta, Rabu (25/5/2022), mengatakan, tidak hanya berpotensi memperbaiki taraf hidup masyarakat, perbaikan sanitasi dan air bersih juga dapat menurunkan angka stunting atau gagal tumbuh kembang pada balita. Sementara itu, tersedianya akses air minum aman dan sanitasi layak juga sesuai dengan tujuan dalam Sustainable Development Goals (SDGs) nomor 6.

Bagi siswa-siswi yang ingin mempelajari ilmu rekayasa energi listrik dan ingin menjadi ahli elektronika, dapat bergabung di Program Studi Teknik Elektro Universitas Pertamina (UPER). Saat ini, kampus besutan PT Pertamina (Persero) tersebut kembali membuka pendaftaran Seleksi Nilai Rapor (Non Tes) dan Ujian Masuk Online periode Mei – Juni untuk Tahun Akademik 2022/2023.

Universitas Pertamina juga menyediakan beasiswa dengan nilai total mencapai 23 Milyar Rupiah. Informasi lengkap terkait program studi serta syarat dan ketentuan pendaftaran dapat diakses di laman https://pmb.universitaspertamina.ac.id