Beasiswa APERTI, Mendorong Mahasiswa Berprestasi

Katacara, Jakarta-– Badan Pusat Statistik melaporkan tren beasiswa di Indonesia terus meningkat. Tahun 2021, sejumlah total 20,14 persen pelajar Indonesia menerima bantuan pendidikan baik dari pemerintah maupun swasta. Jumlah itu meningkat dari tahun 2009 yang hanya 3,89 persen. Pelajar tingkat sekolah dasar tercatat sebagai penerima beasiswa terbanyak 22,66 persen, sementara beasiswa perguruan tinggi paling sedikit di angka 9,6 persen.

Selain membantu secara finansial, beasiswa juga terbukti mujarab mendorong kinerja pelajar. Penelitian oleh Habiba (2022) menemukan bahwa beasiswa membuat mahasiswa belajar lebih giat dan membangun budaya membaca. Mulyaningsih et. al (2021) mengungkap beasiswa berdampak positif pada prestasi akademik mahasiswa.

Hasil riset itu dibuktikan oleh Agnessia Nurshinta Dewi, mahasiswi Program Studi Komunikasi Universitas Pertamina (UPER). Penerima beasiswa Aliansi Perguruan Tinggi Badan Usaha Milik Negara (APERTI BUMN) tahun 2021 ini tak hanya cakap di bidang akademik, namun juga eksis di sisi non akademik.

“Sejak SMA aku memang tertarik pada bidang media. Apalagi ketika terlibat sebagai sukarelawan penyuluhan donor, bertugas sebagai copywriter untuk mempublikasikan beragam konten di media sosial. Alhasil aku menyabet juara 3 tingkat nasional pada kompetisi podcast yang diadakan oleh Universitas Kristen Indonesia,” jelas Agnes.

Agnes juga turut terlibat di sejumlah proyek riset dengan para dosen dan aktif menjadi pekerja lepas dalam mengelola sejumlah media sosial Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM).

“Aku ikut seleksi beasiswa APERTI BUMN di Universitas Pertamina, karena terdorong impian untuk merintis bisnis media online. Kuliahku di program studi Komunikasi sangat mendukung, karena para dosen tak hanya memberikan teori. Kami juga kerap praktek lapangan untuk menjalankan kampanye di media online,” tambah Agnes.

Universitas Pertamina bersama tujuh perguruan tinggi APERTI BUMN kini tengah membuka peluang kepada siswa lulusan SMA/SMK/MA tahun 2022 dan 2023 untuk meraih Beasiswa APERTI BUMN 2023. Kampus teknologi dan bisnis berorientasi energi itu, menyiapkan dana beasiswa APERTI BUMN senilai 1,2 miliar rupiah bagi sepuluh siswa siswi terbaik seluruh Indonesia.

Pendaftaran beasiswa dibuka hingga tanggal 2 Juli 2023 melalui website http://aperti-bumn.org/. Selanjutnya akan ada seleksi administrasi dan wawancara online yang akan dilaksanakan pada 10 – 12 Juli 2023. Siswa yang lolos sebagai penerima Beasiswa APERTI BUMN tahun 2023 akan diumumkan pada tanggal 17 Juli 2023.

Universitas Pertamina yang tahun ini 45 lulusannya mendapat kesempatan berkarir di Pertamina grup melalui program Lulusan Merah Putih, membuka pendaftaran untuk menjadi bagian dari generasi unggul. Seleksi Ujian Mandiri Periode Juni 2023 dibuka hingga 26 Juni 2023. Informasi selengkapnya dapat diakses melalui https://pmb.universitaspertamina.ac.id