Dompet Dhuafa Hadir Pintu Ke Pintu untuk Warga Terdampak Erupsi Gunung Semeru

KATACARA, JAWA TIMUR — Selain posko pengungsian menjadi tempat utama bernaung para penyintas erupsi Semeru, rumah-rumah warga di Desa Oro-oro Ombo, Kecamatan Pronojiwo, juga menjadi tempat mengungsi. Tim Layanan Kesehatan Cuma-cuma (LKC) Dompet Dhuafa mencoba lebih dekat dengan para penyintas dengan mendatangi rumah-rumah warga guna memberikan layanan kesehatan. Pasalnya, tak semua warga mampu berjalan bolak-balik ke posko pengungsian. Oleh itu, Layanan Kesehatan Berjalan atau Mobile Health Service diupayakan menjadi solusinya.

Malam hari pada Rabu (8/12/2021), dr. Zainab Aqila bersama 2 (dua) rekan perawatnya menyusuri rumah-rumah warga. Beberapa layanan kesehatan yang telah dilakukan adalah pemeriksaan tanda-tanda vital (TTV), konsultasi dokter dan pengobatan, perawatan luka, pemberian vitamin, masker, dan perlengkapan bayi, serta pemberian makanan tambahan (PMT). Pada aksi ini, LKC berhasil melayani 90 penerima manfaat.

dr. Zainab Aqila menyebutkan, pasien mayoritas masih merupakan penyintas lansia yang menderita hipertensi. Selain itu, banyak juga yang memiliki keluhan sesak napas. Beberapa keluhan yang banyak didapat dari para pasien adalah hipertensi, ISPA, myalgia, dispepsi, diare, konstipasi, dan sakit kepala.

“Mobile health service ini meliputi beberapa titik rumah warga yang pada malam hari masih mengungsi di posko pengungsian. Selain memberikan pengobatan tim juga memberikan vitamin dan masker sebagai support untuk kesehatan warga. Untuk meningkatkan pemenuhan gizi para penyintas kami juga memberikan PMT berupa bubur kacang hijau untuk anak dan lansia,” terang Fadhil, perawat yang mendampingi dr. Zainab Aqila.

Berbagai bantuan lainnya masih sangat dibutuhkan oleh para penyintas di sana. Dompet Dhuafa dan organ-oragannya beserta para relawan terus berupaya menangani berbagai permasalahan yang timbul akibat musibah erupsi ini. Untuk dukungan donasi dalam mendukung respon erupsi Gunung Semeru sahabat dapat menyalurkan melalui rekening BSI 340.350.666.5, BCA 237.304.7171, MANDIRI 101.000.647.5733 A.n. Yayasan Dompet Dhuafa Republika, Atau melalui https://donasi.dompetdhuafa.org/indonesiasiapsiaga/.