Dompet Dhuafa Kaltim Bersama Vitalis Salurkan Bantuan Modal Usaha Untuk Orang Tua Tunggal

KATACARA, BONTANG,– Modal usaha biasanya menjadi satu sumber masalah bagi pebisnis pemula. Karena itulah, Jumat (19/11) lalu, Dompet Dhuafa Kaltim bekerjasama dengan PT Unza Vitalis memberikan bantuan modal usaha kepada para orang tua tunggal yang membutuhkan di Kota Bontang dan Kabupaten Kutai Timur, Kalimantan Timur.

Program ini bertujuan untuk meningkatkan usaha para orang tua tunggal yang tentunya mereka menjadi tulang punggung keluarga apalagi dengan adanya pandemi Covid-19. Kali ini, perempuan menjadi target sasaran tersebut agar nantinya memberikan implikasi yang lebih jauh, terutama di ranah keluarga.

Lima orang tua tunggal penerima manfaat berhasil disurvei 3 berasal dari Kota Bontang dan 2 dari Kabupaten Kutai Timur.

Setelah memenuhi kriteria dan persyaratan, kelima penerima manfaat tersebut diajak berbelanja di Hendra Mart yang merupakan Mitra Dompet Dhuafa Kaltim. Para Ibu tersebut berbelanja dengan target masing-masing 1 juta rupiah, sesuai dengan kebutuhan warung mereka masing-masing.

Dalam penyaluran ini Dompet Dhuafa Kaltim (Kalimantan Timur) dibantu oleh teman teman dari Komunitas DBS (Darah Bugis Sedunia) baik dalam hal survei, pendampingan dan penyaluran.

Setelah selesai berbelanja, barang barang belanjaannya kemudian diantarkan ke warungnya masing-masing dan setelah sampai di lokasi mereka mendapatkan uang tunai (cash) senilai Rp. 200.000 sebagai tambahan modal.

“Saya merasa senang sekali dengan bantuan modal usaha ini. Saya berharap kedepannya warung saya semakin ramai pembeli dan penjualan meningkat.” Tutur Ibu Nirma setelah bantuan diantarkan ke warungnya.

“Beras, minyak goreng, aneka sembako dan minuman diserahkan kepada para penerima manfaat di warungnya masing-masing. Besar harapan, bantuan modal usaha tersebut kelak meningkatkan pendapatan usaha mereka.” Ujar Asep Gumilar, Kepala Unit Dompet Dhuafa Kota Bontang menutup kegiatan tersebut.