Bimtek Humas dan Protokoler Unhas, Ini Yang Dibahas

Katacara, Makassar-–Kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) bagi Tenaga Humas dan Protokoler di Lingkungan Unhas masih berlanjut hari ini, minggu (5/3). Materinya teknik fotografi dan kode etik jurnalistik.

Sehari sebelumnya, kegiatan Bimtek membahas tentang materi Jurnalistik, Pengelolaan Medsos dan Video.

Hari ini, materi Bimtek terkait Fotografi oleh Dr. Eng Ahmad Yasir Baeda. Materi lainnya tentang Kode Etik Jurnalistik dipaparkan Dr. M Dahlan Abubakar.

Pemateri Fotografi, menjelaskan tentang teori-teori pengambilan foto yang baik pada moment-moment tertentu, sehingga melalui foto tersebut, pembaca dapat menyimpulkan apa yang menjadi pesan dari foto tersebut.

Tidak hanya memberikan teori, tetapi Dosen Teknik Unhas ini juga langsung memberikan games kepada peserta terkait materi fotografi.

Peserta Bimtek dibagi menjadi beberapa kelompok yang nantinya setiap kelompok akan mempresentasikan hasil pemotretannya yang telah diberikan dari pemateri.

Di materi selanjutnya Kode Etik Jurnalistik, Dr. M Dahlan menjelaskan tentang poin-poin Kode Etik Jurnalistik.

“Kode Etik Jurnalistik menempati posisi yang sangat vital bagi wartawan. Wartawan harus memiliki kepribadian dalam arti keutuhan dan keteguhan jati diri, serta integritas. Dalam arti jujur, adil, arif, dan tepercaya”, kata M Dahlan

Para peserta Bimtek sangat aktif pada kedua materi tersebut, dengan aktif memberikan pertanyaan maupun tanggapan seputar jurnalisitik dan fotografi.

Kegiatan Bimtek Humas Unhas berlangsung lancar dan berakhir hingga Pukul 16.00 Wita dengan ditutup Kepala Bagian Humas Unhas Dr. Ahmad Bahar, ST., M.Si. Hadir juga pada kegiatan Bimtek yakni Kepala Bagian Promosi Unhas Adi Wardoyo, S.Hut beserta tim Humas dari Unhas.(*)