Kampus Ramai Adakan Halalbihalal di Hari Pertama Kerja Usai Libur Lebaran

Katacara, Jakarta– Dalam rangka mempererat tali silaturahmi antara seluruh sivitas akademika, Universitas Hasanuddin menyelanggarakan Halalbihalal tepat di hari pertama masuk kerja usai libur lebaran. Kegiatan berlangsung mulai pukul 09.30 WITA di Aula Prof. Amiruddin, Fakultas Kedokteran, Kampus Unhas Tamalanrea, Makassar, Rabu (26/04).

Turut hadir Rektor Unhas (Prof. Dr. Ir. Jamaluddin Jompa, M.Sc), Ketua Senat Akademik, Ketua MWA Unhas dan jajaran para wakil rektor, para dekan, direktur, kepala biro, dan ketua lembaga serta seluruh sivitas akademika lingkup Unhas.

Mengawali kegiatan, Ketua MWA Unhas Prof. Dr. Andi Alimuddin Unde, M.Si., menyampaikan halal bihalal merupakan salah satu sarana untuk saling bertemu, silaturahmi sekaligus menjadi media untuk saling memberi maaf kepada sesama.

Menurutnya, keberhasilan sebuah lembaga atau organisasi salah satunya ditentukan oleh kolaborasi sumber daya yang terlibat. Melalui agenda halal bihalal, Prof. Unde berharap kekompakan Unhas akan terus terjaga.

Pada kesempatan yang sama, Rektor Unhas Prof. JJ menyampaikan kegiatan ini dimaksudkan untuk mempererat silatUrahmi usai melaksanakan puasa Ramadhan dan Idul Fitri 1444 H. Sejak dulu, Unhas selalu memberi perhatian pada pembinaan kampus bernuansa religius, yang dimaksudkan untuk menghasilkan insan cendekia berkarakter, yang memadukan ilmu, adab dan etika.

Lebih lanjut, Prof. JJ juga memberikan beberapa gambaran capaian Unhas yang merupakan salah satu wujud dari kolaborasi yang baik dari seluruh sivitas akademika Unhas. Untuk itu, dirinya berharap melalui halal bihalal proses penguatan kerja sama internal Unhas bisa semakin terjaga untuk peningkatan Unhas kedepan.

“Unhas ingin menghasilkan luaran yang kreatif dan inovatif, tidak hanya mencerahkan kehidupan dunia, namun juga mendapatkan kehidupan magrifah. Halal Bihalal menjadi wadah untuk mengedapankan keharmonisan dan menjaga kekompakan sivitas akademika Unhas yang kedepannya kita harapkan bersama akan memberikan dampak luar biasa kepada capaian Unhas,” jelas Prof. JJ.

Usai memberikan sambutan, kemudian dilanjutkan dengan ceramah islamiah mengenai makna halal bihalal yang disampaikan oleh Prof. Dr. Mustari Mustafa, M.Pd. Beliau menjelaskan halal bihalal menjadi penguatan menjaga silaturahmi. Tuntunan silaturahmi merupakan salah satu inti pesan dalan Islam, yang memiliki posisi penting dalam Al-Quran.

“Agama Islam hadir dalam sejarah, masuk dalam ruang dan waktu yang didalamnya ada manusia dengan segala tradisi dan budaya. Halal Bihalal hadir dalam ruang kehidupan yang mengandung nilai-nilai mulia. Kehadiran sivitas akademika pada kegiatan seperti ini merupakan satu kesyukuran bersama yang menandakan silaturahmi tersebut masih tetap terjaga,” jelas Prof. Mustari.

Setelah menyampaikan ceramah islamiah, kemudian dilanjutkan dengan pembacaan doa dan ditutup dengan saling berjabat tangan antara pimpinan Unhas dan seluruh sivitas akademika Unhas. (*)